Satpol PP Makassar Sasar Apotik Pantau Peredaran Obat Sirop Anak

Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menginstruksikan Dinas Kesehatan dan Satuan Pamong Praja untuk melakukan pengawasan ketat terkait peredaran obat sirop anak.

Menanggapi instruksi tersebut, Pjs Kepala Satpol PP Kota Makassar Ikhsan N.S menerjunkan timnya untuk melakukan pengawasan peredaran obat sirop anak, di sejumlah apotek Senin (24/10/2022)

Baca juga:

Balitbangda Teliti Revitalisasi Sistem Drainase di Makassar

Ikhsan N.S mengatakan, kendati belum ditemukan kasus gagal ginjal akut akibat kandungan Dietilen Glikol di Makassar, namun pihaknya berharap dengan pengawasan ketat dari Satpol PP Kota Makassar dapat mencegah terjadinya kasus serupa.

“Diharapkan dengan tim diturunkan untuk mengawasi peredaran obat maka kita dapat mencegah penyakit serupa menyerang anak-anak di Makassar,” jelasnya.

Diketahui, tingginya kasus gagal ginjal akut di kalangan anak-anak membuat orang tua mulai geger dan panik. Apalagi belakangan diungkapkan penyebab gagal ginjal tersebut ternyata obat yang sudah beredar luas dan hampir semua orang tua pernah memberikan obat tersebut kepada anaknya.

Menghindari bertambahnya korban, pemerintah pusat telah mengeluarkan daftar 102 obat yang peredarannya dihentikan sementara. Obat-obatan terebut disinyalir mengangung senyawa kimia bernama etilon Glikol yang dietilen glikol penyebab gagl ginjal akut.