Hadirkan 40 Ribu Pengunjung, PRS 2022 Makassar Sukses Menarik Minat Pengunjung

INIKATA.co.id – Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di Makassar telah sukses diselenggarakan. Acara dari Bank Rakyat Indonesia ini berlangsung selama 3 hari pada tanggal 21-23 Oktober 2022 digelar di Lapangan Hasanuddin, Makassar dengan mengusung tema “Pede Memimpin Perubahan”.

Masyarakat Makassar menyambut positif kegiatan ini dengan total 40 ribu pengunjung serta melibatkan 110 UMKM binaan BRI.

Baca juga:

Penampilan HiVi Sukses Guncang Panggung Di Event Kalla Toyota Wonderland 2022

Melihat animo masyarakat yang tinggi dari kegiatan PRS, BRI akan terus menghadirkan hiburan bagi masyarakat dan memberikan berbagai kegiatan yang mampu memberdayakan UMKM melalui enam pilar yang diusung yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis serta Peduli. Hal tersebut merupakan wujud komitmen BRI untuk terus mendorong kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Hal ini disampaikan oleh RCEO BRI Kanwil Makassar, “Kegiatan Pesta Rakyat Simpedes ini merupakan usaha BRI untuk mendorong dan memberdayakan UMKM, 110 UMKM sudah hadir dan dihadiri oleh ribuan pengunjung tiap harinya.

“Tentunya, kami berharap UMKM bisa naik kelas, bisa pede memimpin perubahan, berinovasi, dan juga berkontribusi positif terhadap perekonomian khususnya di Kota Makassar,” ujar Rahman Arif.

Hadirkan Kelas UMKM untuk Edukasi Bisnis
UMKM sebagai salah satu tonggak perekonomian, tentunya perlu didorong dan didukung. Dalam acara Pesta Rakyat Simpedes 2022 ini BRI sukses memberikan pelayanan utuh bagi UMKM dalam program pasar dengan memberikan edukasi seputar bisnis melalui kelas UMKM dan workshop.

Kelas UMKM dan workshop membahas edukasi seputar bisnis seperti, pengelolaan keuangan bisnis, investasi saham masa depan, serta penerapan business model canvas untuk UMKM.

Program ini menghadirkan business coach seperti Muhammad Arafah Kube, Ilham Akbar, Zulqadry Suaib, dan Seftian Chow sebagai pemateri pada kelas ini.

Pada PRS ini juga para pelaku UMKM diberi wadah untuk memasarkan produknya lebih luas lagi. Hal ini Ade, disampaikan oleh salah satu pemilik UMKM.

Kata dia, Pada acara PRS ini tentu sangat terbantu untuk memperluas pasar kita, BRI juga dari awal sudah membantu bisnis kami dalam bentuk bantuan modal.

‘Pada acara ini kita juga diberikan pelatihan-pelatihan yang sangat bermanfaat untuk memberikan inovasi bagi UMKM kita,” ujar Ade pemilik salah satu UMKM.

Perkembangan transaksi digital menuntut inovasi sistem pembayaran digital yang efisien dan efektif melalui QRIS.

PRS 2022 di Makassar memberikan edukasi kepada masyarakat yang hadir untuk menggunakan sistem pembayaran QRIS BRImo dalam setiap transaksi, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk RP. 1,- dan bertransaksi menggunakan QRIS pada setiap booth UMKM.

Hal tersebut jadi ajang edukasi kepada masyarakat untuk lambat laun meninggalkan transaksi menggunakan uang cash.

Penampilan Slank Tutup Gelaran PRS Makassar 2022
Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Makassar juga menghadirkan hiburan bagi masyarakat dengan mendatangkan berbagai artis lokal hingga artis nasional.

Hari pertama (21/10) tampil pada panggung utama band lokal Kapal Udara, dan penampilan dari Fourtwenty.

Hari kedua (22/10) dimulai acara pagi hari dengan Zumba oleh Denada yang diikuti oleh para pengunjung, lalu program panggung ketawa oleh komika Arif Brata, dan ada cooking class bersama Chef Aiko dan Acrobatic Cooking Show oleh Chef Muto, hari kedua diakhiri penampilan Kotak dan Gigi.

Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Makassar di hari terakhir (23/10) ditutup berbagai kegiatan menarik di Mini Stage. Terdapat area permainan di Pojok X’sis seperti Flip Glass, Penalty Kick, dan Tic Tac Toe Pong.

Pesta Rakyat Simpedes 2022 juga mengadakan program Peduli dengan kegiatan cek kesehatan gratis, donor darah dan cukur rambut dengan hanya membayar 1 rupiah. Acara juga dimeriahkan oleh penampilan stand up comedy dari komika Ali Akbar.

Pada PRS 2022 melalui program panen, pengunjung berkesempatan untuk mendapatkan Grand Prize 1 unit motor Fazio dengan cara scan QR yang diundi pada hari terakhir.

Sementara itu, di panggung utama ditampilkan dibuka oleh band lokal Makassar, Rocksteady, dan diakhiri dengan penampilan Slank di penghujung acara yang membawakan lagu seperti, Balikin, Ku Tak Bisa, dan Virus.

Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 akan berlangsung hingga bulan Desember 2022 dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia.

Kegiatan ini dapat dihadiri pengunjung secara langsung di Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Kegiatan ini diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.(**)

Writer: Hendrik