Dinas PU Kota Makassar Genjot Pengerjaan Saluran Drainase

INIKATA.co.id – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar terus mengebut pengerjaan drainase untuk mengantisipasi banjir menyusul intensitas hujan yang mulai meningkat. Progres pengerjaan baru mencapai 20 persen.

Kepala Bidang Drainase Dinas PU Makassar, Nur Hidayat, mengatakan panjang saluran yang akan dibenahi mencapai 17.308,37 meter untuk pembangunan baru dan 15.481,8 meter untuk rehabilitasi.

Baca juga:

Gubernur Sulsel Tinjau ARSINUM di Mattirotasi Pinrang, Selain Penuhi Kebutuhan Warga Juga Wisatawan

“Konstruksi drainase sedang berjalan, masih pada progres 10-20 persen. Sementara sisanya, masih dalam tahapan proses tender,” kata Nur Hidayat, Jumat (14/10/2022).

Pihaknya, kata dia, kini fokus mengerjakan drainase di tiga titik, yaitu Kelurahan Balang Baru di Kecamatan Tamalate, Kelurahan Wala-walaya di Kecamatan Tallo, dan Kelurahan Batua di Kecamatan Manggala.

Ketiga lokasi itu dianggap sangat rawan sehingga perlu diantisipasi lebih awal untuk menganulir banjir. Selain rawan genangan, titik-titik pengerjaan ini juga merupakan permintaan warga.

Baca juga:

Hindari Rapor Merah, Dinas PU Makassar Eksekusi Program Prioritas Melalui Tender Dini

“Lokasi ini sangat membutuhkan rehabilitasi atau peningkatan sarana,” katanya.

Mengantispasi hambatan pengerjaan akibat cuaca, Dinas PU telah mengarahkan penyedia jasa untuk akselerasi di lapangan. Caranya dengan menambah personel dan peralatan, serta material selalu ada dan tepat waktu di lapangan.

Hidayat optimistis pengerjaan drainase ini bisa secepatnya tuntas. Pasalnya, target pengerjaan program pada tahun anggaran ini hanya tersisa kurang dari dua bulan.

“Kami berharap ada percepatan terhadap skedul agar hambatan cuaca bisa diminimalisir,” ucapnya.