Sosialisasi Tahapan Pemilu, KPU Makassar: Suara Setiap Warga Negara Sangat Berharga

INIKATA.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar kembali menggelar sosialisasi tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024 di Kelurahan Maloku, Kecamatan Ujungpandang, Jumat (7/10).

Bukan hanya mensosialisasikan tahapan pemilu, namun KPU Makassar juga menggelar pendidikan pemilih perempuan berbasis lorong.

Baca juga:

PDIP Buka Opsi Usung Andika Perkasa di Pilkada Jateng

Anggota KPU Kota Makassar divisi sosdiklih, Parmas dan SDM, Endang Sari mengatakan, peserta dari sosialisasi ini merupakan masyarakat setempat yang mayoritas dari kalangan perempuan.

Kata dia, beberapa poin penting terkait tahapan pemilu serentak 2024, terutama himbauan untuk menggunakan hak pilih pada hari pemungutan suara nanti.

“Pemilih pemimpin secara otonom tanpa dimobilisasi,” ucap Endang.

Baca juga:

Revisi PKPU 10/2023: Upaya Menjamin Pemenuhan Keterwakilan Perempuan

Endang juga menyampaikan kepada para peserta sosialisasi untuk tidak menyianyiakan suara karena menukarnya dengan materi apapun.

“Sebab suara setiap warga negara sangat berharga, suara itu setara, dan negara menjunjung tinggi kesetaraan untuk dipilih dan memilih,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menandaskan, politik uang, ujaran kebencian dan isu sara menjadi tantangan bagi Pemilu serentak 2024.

“KPU Makassar berharap agar peserta sosialisasi tidak terengaruh oleh hal tersebut,” tandasnya.

Tak lupa pula Endang menghimbau pada masyarakat agar segera melengkapi administrasi kependudukan yakni KTP elektronik sebab itu merupakan syarat utama untuk memilih.(**)