Balitbangda Makassar Terus Pertahankan Predikat Kota Inovatif Melalui Riset

INIKATA.co.id – Badan Penelitian dan Pengambangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar terus menguatkan inovasi. 10 Juli 2022.

Langkah ini untuk mempertahankan predikat kota inovatif yang telah diterima melalui Innovative Government Award (IGA). Predikat yang telah diraih sejak 2008 hingga 2021 lalu.

Baca juga:

Camat Biringkanaya Tinjau Lokasi Banjir di Wilayahnya

Kepala Balitbangda Makassar, Andi Bukti Djufrie mengatakan, memberikan pendampingan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Salah satunya, lewat kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Hasil-hasil Kelitbangan Sub Kegiatan Program Inovasi dan Teknologi Angkatan II, di Hotel Aston, beberapa waktu yang lalu.

Dia menjelaskan, kegiatan ini sebagai langkah dalam memfasilitasi OPD dalam penguatan inovasi yang dibuat. Terutama dalam mencapai predikat kota paling inovasi yang sejak 2008 telah diraih.

Saat ini, jumlah inovasi OPD tercatat baru 22. “Ada empat inovasi bapak wali kota yang bisa jadi unggulan kita, yaitu Makassar Recover, Satgas Raika, Tim Detektor, dan Isolasi Terapung,” ujarnya disela-sela kegiatan.

Baca juga:

Balitbangda Makassar Genjot Ranperda Omnibus Law

Untuk itu, kata Andi Bukti, keempat inovasi itu didorong kembali penguatan di OPD terkait. Hak itu karena untuk IGA bisa melampirkan inovasi tiga tahun terakhir atau yang ada sejak 2019 lalu, tetapi tetap disertai pengembangannya saat ini.

“Inovasi bapak wali kota itu bisa jadi unggulan kita disertai dengan inovasi lainnya, karena biar banyak inovasi tetapi tidak bermutu poinnya juga akan rendah,” katanya.

Kepala Pengembangan Inovasi dan Teknologi, Muhammad Amri Akbar menyampaikan pendaftaran IGA 2022 ini akan berakhir pada 3 September mendatang.

“Kita berharap OPD bisa merawat inovasi yang ada dan melakukan pengembangan. Kalau inovasi itu masih berjalan, maka perlu update data jika ingin dimasukan kembali sebagai salah satu untuk IG,” ucapnya. (**)